Jumat, 13 Desember 2013

tekanan darah tinggi melalui

Hipertensi ( HTN ) atau tekanan darah tinggi , kadang-kadang disebut hipertensi arteri , adalah suatu kondisi medis yang kronis di mana tekanan darah di dalam arteri yang ditinggikan . [ 1 ] ini membutuhkan jantung untuk bekerja lebih keras dari biasanya untuk tekanan darah tinggi mengedarkan darah melalui pembuluh darah . Tekanan darah diringkas oleh dua pengukuran , sistolik dan diastolik , yang tergantung pada apakah otot jantung berkontraksi ( sistol ) atau santai antara ketukan ( diastole ) dan menyamakan dengan maksimum dan minimum tekanan , masing-masing. Tekanan darah normal saat istirahat adalah dalam kisaran 100 - 140mmHg sistolik ( membaca atas) dan 60 - 90mmHg diastolik ( pembacaan bawah ) . Tekanan darah tinggi dikatakan hadir jika terus-menerus pada atau di atas 140/90 mmHg .
Hipertensi diklasifikasikan sebagai primer ( esensial ) hipertensi atau hipertensi sekunder , sekitar 90-95 % dari kasus yang dikategorikan sebagai " hipertensi primer " yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas yang mendasari [ 2 ] Sisanya 5-10 % dari . kasus ( hipertensi sekunder ) disebabkan oleh kondisi lain yang mempengaruhi ginjal , arteri , jantung atau sistem endokrin .
Hipertensi merupakan faktor utama risiko stroke , infark miokard ( serangan jantung ) , gagal jantung , aneurisma arteri ( misalnya aneurisma aorta ) , penyakit arteri perifer dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar